Tepi Sawah Sidrap dapat menawarkan nuansa berbeda dari masakan tradisional dengan pemandangan sawah dan harga yang terjangkau.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 10.00-22.00 VITA, Alamat: Jl. Poros Amparita, Thanete, Kek. Maritenngae, Kamar. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Sulawesi Selatan tidak pernah kehabisan tempat wisata yang bagus. Salah satunya Tepi Sawah Sidrap, restoran unik di Sidrap. Tidak heran tempat ini penuh dengan orang.

Masyarakat Tan Luvu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Bagi yang ingin ke Makassar pasti pernah melihat tempat makan yang ramai. Areanya sendiri berada di pinggir sawah dengan interior dan eksterior yang eksotis, layaknya di pedesaan.

Inilah yang membedakannya dengan warung makan lainnya. Jadi jika pengunjung masuk ke kawasan Sidenreng Rappang dan melihat tempat ini, layak untuk mampir. Nah, disini kami akan memberikan gambaran tempat makan yang bisa kamu kunjungi.

Objek wisata yang dimiliki oleh Sawah Sidrap

Daya Tarik Sawah Sidrapa
Kredit Gambar: Google Maps Satya Putra Hussein

Restoran Tepi Sawah Sidrap memiliki berbagai atraksi yang membuatnya selalu ramai. Hal itulah yang membuatnya menjadi tempat wisata dan restoran terkenal di Sidrape. Lantas, apa saja daya tarik utama dari tempat ini?

1. Pemandangan sawah yang indah

Karena letaknya di pinggir gundukan sawah, tentu saja pemandangan di sekitar area persawahan ini sangat indah. Pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang masih alami dengan suasana yang sejuk.

Bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan, tak ada salahnya datang ke tempat ini. Kapan lagi kamu bisa menikmati santapan sambil bersantai sambil memandangi pemandangan hijaunya sawah yang damai bukan?

2. Alat makan masa lalu

Karena alat makan yang digunakan di warung Tepi Sawah Sidrap ini mengusung konsep rustic yaitu alat makan jaman dulu. Bahkan, gelas yang diminum Pak Jokowi setiap hari untuk pengobatan herbal adalah gelas dari tempat ini.

Tentu saja, konsep ini jarang ditemui turis di tempat makan lain. Oleh karena itu, ini adalah tempat yang ideal bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana makan pedesaan pada zaman dahulu.

3. Taman yang indah

Tidak hanya sawah, tempat makan ini juga memiliki beberapa taman yang indah. Taman-taman kecil ini membuat lanskap lebih sempurna. Pengunjung dapat menikmati makanan mereka sambil melihat berbagai tanaman di taman.

Oleh karena itu, tempat ini sangat ideal untuk bersantai saat makan siang. Pada malam hari, suasana di sana juga asri karena terdapat lampu-lampu kecil di taman.

4. Pernak-pernik pertanian

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan banyak pernak-pernik menarik. Terutama pernak-pernik pertanian terbaru. Dari lesung beras hingga anyaman topi petani, semuanya ada di sini.

Nah, jika Anda belum pernah melihat alat pertanian kuno, maka rasa penasaran Anda bisa terobati dengan melihatnya di sana. Untuk itu, tempat ini juga bisa menjadi lingkungan pendidikan bagi anak-anak.

5. Bangunan unik

Tak hanya dekorasi ruangan dan peralatan makannya yang unik, ruang makan ini juga memiliki konsep bangunan yang menarik. Masih menggunakan arsitektur masa lalu, Pinggir Sawah Sidrap dibangun dari batu bata.

Sedangkan tiangnya terbuat dari bambu dan daun sagu digunakan sebagai atap. Di bagian atas, telah dibangun atap terbuka dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah di sekitarnya.

Di sawah, gubuk dibuat dengan meja dan kursi. Ada juga gazebo lesekhan di pinggiran sawah. Semua dilakukan dengan konsep outdoor. Meja dan kursi yang digunakan juga sangat berbeda karena didatangkan khusus dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Meja dan kursi klasik ini memberikan tampilan khas pedesaan yang akan sia-sia jika Anda melewatinya begitu saja. Pengunjung juga dapat mendengarkan musik dan seni tradisional. Di sana dimainkan lagu-lagu Bugis yang cocok sebagai teman santai dan makan malam.

6. Aneka menu tradisional yang enak

Semua menu di Rumah Makan Tepi Sawah Sidrap merupakan menu tradisional Sidrap. Ada bebek palecco, sayur tuttu, mangga raka, bebek panggang, ikan kering dan bandeng goreng. Pengunjung juga bisa memilih jenis ikan segar untuk dimasak.

Harga menu juga cukup terjangkau untuk semua kalangan. Jadi tidak hanya wisatawan tetapi juga penduduk lokal bisa membeli makanan di tempat makan tersebut. Ini adalah alternatif restoran yang murah bagi orang-orang yang ingin pergi berlibur bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat sawah Sidrap
Kredit Gambar: Galeri Google Maps DiR

Sidrap terkenal memiliki tempat makan yang asik dengan konsep duduk di pinggir sawah. Bahkan, tempat tersebut sempat viral di media sosial dan diburu para penikmat kuliner. Tempat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai restoran, tetapi juga sebagai tempat wisata.

Lahan sawah Sidrap terletak di Jalan Poros Amparita, Thanet, Maritennggae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi pengunjung yang berasal dari Kota Pare Pare harus menempuh jarak 30,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 55 menit.

Jika Anda masih kesulitan menemukan lokasi, gunakan saja Google Maps. Jam buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WITA setiap hari.

Biaya masuk ke objek wisata

Setiap orang tidak perlu membayar tiket masuk. Tentu saja, pengunjung tetap harus membayar semua makanan yang dipesan. Tenang, harga makanan di sana juga cukup terjangkau. Harga untuk menu utama berkisar antara 5.000 hingga 25.000 rupee.

Sedangkan paket bebek dan ayam dibandrol dengan harga Rp 100.000. Minuman yang dijual di sana juga murah, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Pada saat yang sama, setiap camilan hanya bernilai 15.000 rupee.

Aktivitas menarik di pinggir sawah Sidrap

Aktivitas menarik di pinggir sawah Sidrapa
Kredit Gambar: Google Maps Ardy Ardy

Karena daya tarik khusus tempat ini, beberapa kegiatan dapat dilakukan di sini. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang harus Anda coba ketika Anda datang ke restoran terkenal ini.

1. Nikmati makanan dan minuman

Karena ini adalah tempat makan, tentunya Anda bisa menikmati berbagai kuliner di tempat ini. Menjadikan destinasi kuliner yang menyenangkan bagi keluarga. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Makassar dan ingin menikmati makanan tradisional, datang saja ke tempat makan ini.

2. Nikmati pemandangannya

Daerah ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Inilah daya tarik utama tempat ini. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotik ini sambil bersantai di gazebo-gazebo di pinggiran sawah sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang nikmat.

Pengunjung juga bisa berfoto di sana. Beberapa zona foto disediakan. Latar belakang sawah yang hijau juga akan membuat hasil foto terlihat lebih bagus. Jangan lupa untuk membagikan foto di jejaring sosial.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Sawah Sidrap
Kredit Gambar: Google Maps Endah Suryandani

Fasilitas yang disediakan restoran ini juga cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, mushola, area merokok, zona foto, gazebo, gazebo, soket, pusat kesehatan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya Sidrap, tidak ada salahnya mencoba makan di pinggir sawah Sidrap. Rasakan dimensi baru bersantap di tepi sawah.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *