Hosting gratis dari Google bisa didapatkan melalui layanan Google Cloud Platform. Google Cloud Platform adalah platform komputasi awan yang menyediakan berbagai layanan, termasuk layanan hosting gratis.

Berikut cara membuat artikel tentang hosting gratis dari Google Cloud Platform bahasa Indonesia:

Langkah 1: Buat akun Google Cloud Platform

Pertama-tama, Anda perlu membuat akun Google Cloud Platform. Kunjungi https://console.cloud.google.com/ untuk membuat akun. Setelah membuat akun, Anda perlu membuat proyek baru di Google Cloud Console.

Langkah 2. Buat instance VM (mesin virtual)

Setelah membuat proyek baru, Anda harus membuat instance dari mesin virtual. Pilih Compute Engine dari menu di sebelah kiri, lalu klik tombol Create Instance. Beri nama instance mesin virtual dan berikan konfigurasi yang diperlukan. Dalam konfigurasi, pastikan untuk memilih “mikro” sebagai jenis VM yang diinginkan, karena jenis VM ini gratis. Setelah selesai, klik tombol “Buat”.

Langkah 3: Mengakses Instans VM

Setelah membuat instance VM, Anda dapat mengaksesnya melalui SSH. Untuk mengakses instance VM, klik tombol SSH di samping nama instance VM di halaman Compute Engine. Setelah login berhasil, Anda dapat mengakses baris perintah dari instance mesin virtual.

Langkah 4: Menginstal Apache dan PHP

Untuk menghosting situs web pada instance mesin virtual, Anda perlu menginstal Apache dan PHP. Untuk menginstal Apache, masukkan perintah berikut pada prompt perintah:

sudo apt-get pembaruan

sudo apt-get install apache2

Untuk menginstal PHP, masukkan perintah berikut di baris perintah:

sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mysql

Langkah 5: Pindahkan file situs web ke instance mesin virtual

Setelah Apache dan PHP terinstal, langkah selanjutnya adalah memindahkan file situs web ke instance VM. Anda dapat menggunakan FTP atau SCP untuk mentransfer file. Anda juga dapat menyertakan file melalui baris perintah menggunakan perintah “wget”.

Langkah 6: Host situs web

Setelah file situs web ditransfer ke instance VM, Anda dapat menghosting situs web dengan menjalankan perintah berikut di prompt perintah:

sudo mv file_name_website /var/www/html/

Kemudian buka browser dan masukkan alamat IP instance mesin virtual di bilah alamat. Jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar, situs web yang dihosting di instance VM akan muncul.

Berikut cara menghosting artikel gratis dari Google Cloud Platform. Semoga beruntung!

Kesimpulan

Google menyediakan layanan hosting gratis melalui platform Google Sites. Dengan Google Sites, pengguna dapat membuat situs web yang mudah disiapkan dan dikelola tanpa membayar biaya hosting atau domain. Namun, layanan ini memiliki beberapa batasan seperti batasan tema, kustomisasi terbatas, dan fitur terbatas.

Selain itu, hosting gratis dari Google tidak cocok untuk proyek besar dan kompleks yang membutuhkan banyak fitur dan peningkatan keamanan. Jadi, jika Anda hanya memerlukan situs web sederhana untuk penggunaan pribadi atau untuk bisnis kecil, Google Sites mungkin merupakan pilihan yang baik. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak fitur dan keamanan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi hosting berbayar atau hosting mandiri.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *